Sejarah, Pengertian dan Macam-macam JARINGAN - kumplit


       
  Assalamualaikum wr, wb
pada kesempatan kali ini saya akan mengshereing pada kalian pengertian, sejarah jaringan
dan macam-macam jaringan berdasarkan fungsinya.
       Latar belakang
untuk lebih memahami lebih jauh seputar dunia IT dan memperluas wawasan
tentng jaringan.
      Maksud dan tujuan
Mendapatkan ilmu dan keterampilan baru yang didapatnya di dalam dunia kerja
Mempersiapkan diri untuk siap memasuki lapangan kerja
     Hasil yang di harapkan
Mendapatkan wawasan tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
Mendapatkan ilmu dan pengalaman kerja sehingga ketika di dunia kerja yang sesungguhnya
saya  dapat merealkannya.
     
 Pembahasa
Sejarah Jaringan Komputer


Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an
di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium
Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.
Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang
harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu
kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa
dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya
super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal)
untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan
nama TSS (Time Sharing System).[4] Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network)
komputer diaplikasikan.

Pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer
untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat
mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).
Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).
Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun
nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah
jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya,
maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Macam-macam jaringan
secara umum jaringan yang kita kenal ada 5 macam, yaitu ;
LAN (Local Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network)
WAN (Wide Area Network) dan
Internet
Local Area Network (LAN)


LAN  merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus
yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi.
LAN menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik)  dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.

Metropolitan Area Network (MAN) 
 MAN merupakan jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih dari LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis jaringan MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.

Wide Area Network (WAN) 
WAN merupakan jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih daripada LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
Internet 
merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

A. Berdasarkan distribusi sumber informasi data



1. Jaringan terpusat
Sistem informasi terpusat merupakan suatu sistem infromasi yang penempatan data dan aplikasi untuk mengakses data tersebut menjadi satu tempat atau satu Server. Jaringan terpusat terdiri dari server dan komputer client yang akan berfungsi sebagai perantara dalam melakukan akses data dari komputer server.
 2. Jaringan terdistribusi
Sistem informasi terdistribusi dibangun dengan cara memisahkan secara fisik untuk setiap fungsi dan tugas sebuah komputer dalam ruang lingkup jaringan komputer. Ada kombinasi dari beberapa jaringan terpusat sehingga merupakan jaringan dari beberapa komputer server serta client yang saling terhubung.

B. Berdasarkan media transmisi data
1. Jaringan berkabel (Wired Network)
Media pengiriman data yang dipakai pada jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut dipergunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar informasi data yang terhubung dengan internet. Salah satu media pengiriman yang dipakai pada Jaringan berkabel adalah kabel UTP.

2. Jaringan nirkabel (Wi-Fi)
Pada jaringan ini dibutuhkan sinyal elektromagnetik sebagai media pengiriman datanya. Berlainan pada jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel untuk bertukar data dengan komputer lain, melainkan memakai sinyal elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.

C. Berdasarkan topologi jaringan komputer
Topologi jaringan komputer adalah susunan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai topologi jaringan, silakan baca artikel pengertian dan macam jenisa topologi jaringan komputer yang Blog DimensiData tulis sebelumnya.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 5 yaitu:
Topologi bus
Topologi bintang
Topologi cincin
Topologi mesh
Topologi linier

D. Berdasarkan tugas dari tiap Komputer
1. Jaringan Client-Server
Jaringan ini tersusun dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Umumnya tersusun dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas mempersediakan semua sumber daya data dan informasi, sementara itu untuk komputer client atau user hanya bisa memakai sumber daya data dan informasi yang ada pada komputer server.
2. Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan ini, tipa-tiap komputer, baik itu komputer server ataupun komputer client atau user memiliki peranan yang sama. Jadi, komputer client bisa menjadi komputer server, dan sebaliknya komputer server juga bisa menjadi komputer client.
Beberapa jenis jaringan komputer tersebut memang memiliki manfaatnya masing-masing dan jangkauan area yang bisa diaplikasikan dalam penggunaannya.
Sehingga anda bisa menyesuaikan kebutuhan penggunaan untuk menentukan jenis jaringan komputer mana yang akan digunakan dalam memudahkan proses pengiriman informasi secara lebih tepat dan akurat.

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer
Setelah mengetahui jenis yang akan anda gunakan tentu memahami manfaat jaringan komputer juga akan membantu anda untuk mempertimbangkan dengan baik pemasangan jaringan tersebut dalam sistem yang diaplikasikan. Tentu berbagai kemudahan akan anda dapatkan dengan pengaplikasian yang tepat.
Berikut beberapa manfaat penggunaan jaringan komputer yang bisa anda dapatkan:
  • Anda akan membuat proses pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien. Apalagi dengan adanya jaringan data yang cepat maka akan membuat segalanya menjadi lebih mudah
  • Mempermudah akses file yang dimiliki sendiri dan orang lain serta mempermudah proses penyebarluasannya melalui jaringan yang dipasangkan
  • Dapat memudahkan akses informasi secara lebih cepat dan akurat
  • Jika digunakan di kantor maka akan dapat menekan pengeluaran kantor untuk akses informasi serta printer contohnya, karena hanya dengan satu alat bisa digunakan untuk kebutuhan semua komputer yang ada
  • Dapat melakukan pengiriman foto, video atau file lainnya secara real time, sehingga untuk kebutuhan mendesak adanya jaringan ini juga akan sangat membantu
  • Anda bisa melakukan akses berbagai jenis file bahkan dari negara yang berbeda.
Pada intinya memang penggunaan jaringan komputer ini adalah untuk mempermudah akses informasi. Baik untuk area pengiriman jarak dekat ataupun jarak jauh, sehingga akan memudahkan segala kebutuhan akses anda dalam mendapatkan informasi secara cepat, efisien dan akurat tentunya.

Kesimpulan
Jadi Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar computer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Dan ada 5 macam jenis jaringan yaitu; LAN (Local Area Network),MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan Internet.

Referensi
www.wikipedia.com http://blog.dimensidata.com/macam-jenis-jaringan-komputer-dan-pengertian-lengkapnya/.com

Penutup
Alhamdulillah saya dapat mengshere materi seputar jaringan pada kalian, semoga dapat beamanfaat dan bisa menambah pengetahuan, mohon maaf bila ada kesalahan di atas, bila ada masalah atau masih bingung silahkana coment di bawah ingsaallah saya dapat menjawab permasalahan yang anda keluhkan.
Sekian dari saya
Wassalamuallaikum wr, wb
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads