Mengenali apa it TCP/IP

 Assalamuallaikum wr, wb
Bismillahirrahmanirrahim, pada kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang
 menjelaskan tentang TCP/IP, mari kita simak artikel ini sebagai berikut.
Tujuan
untuh lebih memahami apa itu TCP/IP
Hasil yang Diharapkan
Mendapatkan wawasan tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
Mendapatkan ilmu dan pengalaman kerja sehingga ketika di dunia kerja yang sesungguhnya saya  dapat merealkannya.
Pembahasan
TCP/IP (TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL/INTERNET PROTOCOL)
TCP/IP adalah salah satu model network  protokol yang dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), yang membahas persetujuan tentang bagaimana komunikasi diproses antara 2 titik/node. TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.  Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

Manfaat Adanya TCP/IP
Karena networking model yang digunakan sekarang adalah TCP/IP, maka produk-produk internet sekarang sudah mengadopsi TCP/IP.
Contohnya, jika saat ini kamu membeli sebuah flash drive atau flash disik, maka flash drive tersebut sudah menerapkan TCP/IP. Ini artinya kamu bisa mengunakannya di laptop, komputer, di semua perangkat yang berbeda.
… atau misalnya. Saat kita ingin membangun sebuah infrastruktur yang baru.
Sebelum ada TCP/IP, kita harus membeli perangkat yang satu merk, dari router, switch, firewall, server, semuanya.
Sekarang, tidak lagi.
Karena vendor saat ini bisa saja unggul di perangkat router, namun tidak begitu dengan firewall. Misalnya kita ingin menggunakan router dan switch cisco, namun lebih memilih menggunakan Palo Alto firewall.
Tidak masalah. Kita bisa mengimplementasikan routing protocol, link aggregation, dll tanpa ada kendala kompatibilitas. Karena semuanya sudah menggunakan TCP/IP.
Akan saya jelaskan konsep tentang bagaimana terjadinya komunikasi data melalui protokol TCP/IP yang terjadi pada dua perangkat dalam sebuah jaringan yang sama (jaringan lokal). Gambar di bawah akan ada modifikasi jika komunikasi terjadi antar jaringan yang berbeda. Perhatikan gambar di bawah ini.





Dari gambar di atas, sebelah kiri adalah PC 1 yang terkoneksi dengan PC 2 dalam sebuah jaringan lokal. Pada saat PC 1 berkomunikasi dengan PC 2, maka akan terjadi aliran informasi pada kedua PC tersebut. Saya akan menjelaskan bagaimana informasi itu dikirim dari PC 1 ke PC 2.
Pada saat PC 1 mengirimkan informasi ke PC 2, informasi akan dipaket menggunakan truk ip. Truk ip memiliki batasan daya tampung informasi, sehingga informasi yang dikirimkan oleh PC 1 bisa jadi diangkut oleh beberapa truk ip. Setiap truk ip yang mengangkut informasi harus diberi label/tanda pada setiap layer TCP/IP.

1.    Pada saat truk ip melewati layer aplikasi, maka truk ip akan diberi label tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses informasi pada saat informasi sampai di tempat tujuan. Pilihan aplikasi bisa meliputi FTP, BOOTP, TFTP, DNS, HTTP/HTTPS, TLS/SSL, VoiP, SSH, POP3, IMAP, NTP, Telnet, SMTP, SNMP.
 

2.    Pada saat truk ip melewati layer transport, truk ip akan diberi label perangkat protokol apa saja yang bisa digunakan untuk membongkar muat informasi saat informasi sampai di tempat tujuan. Hal ini disebabkan informasi yang dikirimkan bisa berupa informasi yang membutuhkan keakuratan data dan data yang bersifat tidak membutuhkan keakuratan data. Pada layer ini,  ada 2 buah label yaitu : 
  •     TCP (transfer control protocol). Protokol ini sangat memperhatikan kualitas data yang dikirimkan atau yang diterima. Jika data yang diterima oleh PC 2 tidak bisa dibaca atau tidak bisa diakses, maka PC 2 akan meminta PC 1 untuk melakukan pengiriman ulang data yang tidak bisa diakses tersebut. Oleh karena itu bentuk komunikasi data menggunakan protokol TCP bersifat  “connection oriented“. 
  •     UDP (User Datagram Protokol). Berbeda dengan protokol TCP, koneksi menggunakan UDP bersifat “connectionless“. Contoh data yang dilayani oleh protocol TCP adalah suara dan video. Contoh saat kita melakukan komunikasi suara melalui jaringan, maka suara yang dikirimkan tidak akan dikirimkan ulang hanya karena kualitas suara jelek.
3.    Pada saat truk ip melewati layer internet, truk ip akan diberi label tentang metode pengalamatan apa yang akan digunakan pada setiap perangkat jaringan. Metode pengalamatan ini ada 2 yaitu :      
  •    Metode pengalamatan IP versi 4 (IPV4). IPV4 menggunakan mode pengalamatan 32 bit (4 byte). Jadi alamat yang disediakan adalah sejumlah 232 = 4.294.967.296 alamat. Cara pengalamatannya dikenal dengan “Dot Decimal Notation”. Sebagai contoh pengalamatannya adalah 

 





  •   Metode pengalamatan IP versi 6 (IPV6). Mode pengalamatan ini disebut sebagai mode pengalamatan pembaharuan untuk IPV4 dalam hal proses routing, security, dan lebih efisien. IPV6 menggunakan mode pengalamatan 128 bit. Jadi alamat yang disediakan adalah sejumlah 2128 = 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.4560 alamat. Sebagai contoh pengalamatannya adalah

4.    Pada saat truk ip melewati layer link, truk ip akan diberi label yang berisi alamat ip sumber dan alamat ip tujuan, serta proses pemetaan alamat ip ke alamat fisik (MAC address) menggunakan protokol ARP (Address Resolution Protocol). Pada lapisan Link ini, dipastikan bahwa komunikasi dapat terjadi antar satu perangkat dengan perangkat lain dalam sebuah jaringan. Protokol utama pada lapisan ini disebut dengan ARP (Address Resolution Protocol). Saat pertama kali terjadi komunikasi dalam jaringan, sebuah jaringan memiliki cara untuk berkomunikasi, dan dalam dunia internet, komunikasi dalam jaringan terjadi antara alamat fisik (MAC Address) dan bukan dari alamat ip. Semua perangkat jaringan pasti memiliki Mac Address yang unik (tidak sama antara satu dengan yang lain di seluruh dunia) dan berada di dalam perangkat kartu jaringan. Di dalam sebuah jaringan lokal, identitas setiap perangkat jaringan menggunakan alamat ip, tetapi alamat ip ini tidak akan berfungsi jika komunikasi yang terjadi adalah komunikasi antara dua atau lebih jaringan yang berbeda, karena dimungkinkan terdapat alamat ip yang sama pada jaringan yang berbeda.
kesimpulan 
Jadi kesimpulanya TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. TCP/IP salah satu model network  protokol yang dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), yang membahas persetujuan tentang bagaimana komunikasi diproses antara 2 titik/node
Penutupan
cuma segitu yang dapat saya sampaikan mohon maaf bila artikel di atas kurang lengkap atau masih bingung silahkan comen di bawah sekian dari saya
Wassalamuallaikum wr, wb
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads