OPen Source

A. Pendahuluan
                                                   Assalamuallaikum wr, wb
Selamat datang di blog saya, kali ini saya akan mengshare pada kalian tentang apa itu Open Source dari mulai pengertian, contohnya, fungsi dan fanfaatnya.
B. Latar Belakang
Dalam sebuah komputer pastilah terdapat sistem operasi dan juga software yang mendukung kinerja dari hardware maupun software yang digunakan untuk kegiatan sehari hari. Misal saja dalam sistem operasi windows pastilah memasang software microsoft nah software Microsoft ini sebelum kalian dapat menggunakannya, kalian harus membayar uang yang telah ditentukan oleh pihak pengembang sistem tersebut disebut dengan sistem berbayar.
C. Maksud & Tujuan
Dapat memahai, dan mengeri lebih jauh apa itu open source.
D. Pembahasan

Pengertian
Open Source adalah sebuah istilah yang di gunakan oleh perangkat lunak atau software yang telah membebaskan atau codenya untuk dapat di lihat oleh penggunanya, dan membebaskan penggunanya untuk bisa melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga bisa mengembangkan ataupun memperbaiki software tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

   Selain itu, pengguna juga dapat dengan bebas menyebarkan software open source untuk orang lain. Ataupun software yang telah dimodifikasi agar orang lain bisa melihat karyanya. Namun tidak hanya menyebarluaskan namun di-iringi juga sikap tanggung jawab penuh dan tidak asal-asalan dalam memodifikasi.

Contoh open source
  • Sistem operasi open source : Ketahuilah bahwa sistem operasi pun ada yang berbentuk open source, misalnya adalah Linux. Linux sendiri memiliki beberapa jenis varianya, seperti Redhat, Debian, Mandrake, SuSe dan SlackWare. 
  • Perangkat lunak editor gambar dan foto : Sekarang beralih ke perangkat lunak editor yang berbasis open source, contohnya adalah GIMP, InkSpace, Digikam dan lainnya. 
  • Office editor : Sekarang adalah software yang sering kita gunakan sehari-hari yaitu office. Kalian pasti hanya mengenal microsoft office namun microsoft office bukanlah salah satu office editor yang berbasis open source, office yang berbasis open source adalah LibreOffice dan OpenOffice. 
  • Sistem operasi smartphone : Kalian pasti baru mengetahui bahwa sistem operasi smartphone pun ada yang berbasis open source. Contohnya adalah android, dan Firefox OS. Ios tidak termasuk kedalam open source karena ia dilindungi oleh sebuah lisensi perusahaan Apple. 

Fungsi open sourcs
 Fungsinya kita bebas menggunakan, mengembangkan, menyebarluaskan atau menggandakan aplikasi tersebut tanpa harus membayar izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya. Jadi kita bisa bebas menggunakan sepuasnya.

Manfaat open source
  • Open source membebaskan kita dari biaya lisensi karena ia bersifat GNU/GPL (General Public License) yang justru membolehkan kita untuk menggunakan, mempelajari dan memodifikasi serta menyebarluaskan untuk umum. Apalagi untuk sebuah perusahaan besar yang juga menggunakan resource besar. Penggunaan software yang terlalu banyak pasti juga akan menambah biaaya/cost yang besar hanya untuk membeli software
  • Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack).
  • Open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari source codenya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT.
E. Hasil yang didapat
Dapat mengetahui dan  memahami tentang apa itu open source.
F. Kesimpulan
Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
G. Referensi 
https://ekonurzhafar.wordpress.com/2012/04/02/pengertian-dan-manfaat-open-source/
H. Penutup
Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi yang membacanya, jangan lupa ikuti blog ini, sekian dari saya.
                                                     Wasallamualaikum wr, wb






Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads