Sejarah dan Pengertian PHP

A. Pendahuluan
                                          Asalamuallaikum wr, wb
 Kali ini saya akan mengshare pada kalian sejarah dan pengertian PHP.
B. Latarbelakang
Ingin mengetahui sejarah dan pengerian PHP.
C. Maksud dan Tujuan
Dapat mengetahui sejarah dan juga pengertian PHP.
D. Pembahasan
 Sejarah PHP
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdroft, seorang programmer. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Jadi semula PHP digunakannya untuk menghitung jumlah pengunjung di dalam webnya. 
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

  Pemgertian PHP


PHP sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari “Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting tingkat tinggi yang dipasang pada dokumen HTML. Sebagian besar sintaks dalam PHP mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, namun pada PHP ada beberapa fungsi yang lebih  spesifik. Sedangkan tujuan utama dari penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web yang dinamis dan dapat bekerja secara otomatis.

PHP merupakan salah satu bahasa script yang terbilang baru dan tersedia secara bebas dan masih memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut. PHP dapatdiintegrasikan (embedded) ke dalam web server, atau dapat berperan sebagai program CGI yang terpisah.Karakteristik yang paling unggul dan paling kuat dalam PHP adalah lapisanintegrasi database (database integration layer). Database yang didukung PHPadalah: Oracle, Adabas-D, Sybase, FilePro, mSQL, Velocis, MySQL, Informix,Solid, dBase, ODBC, Unix dbm, dan PostgreSQL.

•Apa itu
server side script
? server side script adalah script yang hanya bisa bekerja padaserver. contoh lain server side script adalah asp.
•Apakepanjangan dari php
? ada dua versi yang sampai saat ini aku tau, yaitu :
•PHP dari Personal Home Page
•PHP dari PHP : Hypertext Preprocessor  
•PHP adalah Open Source software jadi kita bebas dan gratis menggunakannya, berbedadengan asp yang punya microsoft.



E. Hasil yang di Dapatkan
Bisa memahami atau mengetahui sejarah dan pengertian PHP
F. Kesimpulan
 Jadi kesimpulannya PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdroft, seorang programmer. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
G. Penutupan
  Semoga apa yang saya sharekan bisa bermanfaat, jangan lupa ikuti blog saya dan komen di bawah apabila masih belum paham atau belum mengerti. Sekian dari saya.
                                          Wasalamuallaikum wr, wb
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads