Sejarah dan Pengertian Debian Server

Pendahuluan
Assalamualaikum wr wb
Selamat datang di Blog saya, kali ini saya akan mengshere ilmu kepada kalian tentang sejarah debian dan apa itu debian server, apa sih! kegunaan dari debian server, nah kali ini saya akan menjelaskan semuanya kepada kalian!

Latar belakang 
Salah satu produk Open Source yang sekarang sedang berkembang pesat adalah Linux, secara teknik Linux adalah suatu sistem operasi bertipe Unix yang bersifat multi user dan multi tasking yang dapat berjalan pada semua platform (Wiryana: 2001). Salah satu ditro Linux yang baik untuk sistem instalasi server adalah Debian, hal ini dapat dilihat pada perkembangan dan posisinya yang sangat bagus dalam beberapa integrasi manajemen paket serta memiliki akses yang luas ke banyak aplikasi perangkat lunak bebas. Sebagai hasilnya, Debian telah berkembang menjadi salah satu distro GNU/Linux yang handal.

Makud dan tujuan
menambah pengetahuan tentang ilmu teknologi komputer agar bisa menambah wawasan kita semua

Hasil yang di harapkan
Untuk hasil kali ini semoga teman-teman dapat memahami dan menjadi tau tentang pengertian dan sejarah Debian

Pembahasan
Sejarah Debian
 Pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan-kekasihnya Debra Lynn: Deb dan Ian
Pengertian Debian
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.

Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.Sebuah repositori software adalah lokasi penyimpanan dari paket perangkat lunak dapat diambil dan diinstal pada komputer.

Versi-versi Debian

1.1 Buzz (17 Juni 1998)
1.2 Rex (12 Desember 1996)
1.3 Bo (5 juni 1997)
2.0 Hamm (24 juli 1998)
2.1 Slink (9 Maret 1999)
2.2 Potato (15 Agustus 2000)
3.0 Woody (19 Juli 2002)
3.1 Sarge (6 juni 2005)
4.0 Etch (8 April 2007)
5.0 Lenny (15 Februari 2009)
6.0 Squeeze (6 Februari 2011)
7.0 Wheezy (4 Mei 2013)
8.0 Jessie  (25 April 2015)

 Fungsi Debian Server
Fungsi debian server, sesuai dengan namanya sebagai server jaringan ntah itu sebagai web server, mai server NTP server dan yang lainnya yang berhubungan dengan server dan jaringan atau pengatur proses jaringan seperti Router, repeater dan yang lainnya. Selain itu debian terkenal dengan kestabilannya dibanding distro lainnya jadi kita bisa memakai atau memaksimalkannya dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah. OS Debian juga berfungsi untuk trouble shooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari network/jaringan.
Kesimpulan
Debian merupakan sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi.
Referensi
www.google.com

Penutupan
Nah itu dia yang bisa saya share mengenai salah satu distro populer dari Linux mengenai pengertian, penemu dan fungsinya. semoga bermanfaat dan jika ada tambahan yang belum tertulis di sini bisa anda berikan di komentar untuk kemajuan bersama. dan jangan lupa untuk di share lagi ilmunya ya sobat.Terimakasih. Salam Coding.

Wassalamuallaikum wr,wb
Share:

1 komentar:

Categories

Ordered List

Sample Text

ads