PERBANDINGAN WINDOWS DAN LINUX DARI BERBAGAI SISI

A. Pendahuluan
                                          Asalamuallaikum wr, wb
 Kali ini saya akan mengshare pada kalian perbandingan OS Windows dan Linux dari berbagai sisi.
B. Latarbelakang
Ingin mengetahui perbandingan antara OS Windows dan Linux dari berbagai sisi.
C. Maksud dan Tujuan
Dapat mengetahui perbedaan antara OS Windows dan Linux dari berbagai sisi.
D. Pembahasan


PERBANDINGAN WINDOWS DAN LINUX DARI BERBAGAI SISI 
  • Windows merupakan sistem oprasi komersial milik Microsoft jadi untuk memiliki windows kamu harus membeli. Bagaimana kalau ada yang mengatakan “saya enggak pernah beli windows tuh tinggal minta teman installkan saja beres” berarti kamu menggunakan software bajakan/ilegal.
  • Linux adalah sistem operasi berlisensi opensource alias gratis dan code programnya terbuka untuk umum sehingga siapapun dapat mengembangkan sistem oprasi ini. Linux opensource yang paling popular adalah Ubuntu dan Fedora tetapi tidak semua linux gratis sebab ada yang mengembangkan linux enterprise dan ini  berbayar contohnya Linux RedHat dan Linux Suse.
  1. Keamanan dan virus
Windows: lebih rentan terkena virus. Virus pada Windows mudah dengan cepat berkembang, karena sifat komersialnya (tertutup) dan Windows juga rentan terkena serangan hacker .
Linux: Tahan akan serangan virus, tetapi bukan berarti Linux bebas dari virus, tapi virus itu tidak bisa berkembang seperti halnya virus pada Windows.
  1. SPYWARE
Windows: Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan sebuah data ke suatu server
Linux: Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.
MENGAPA ANDA TIDAK PERLU MENGINSTALL ANTIVIRUS PADA LINUX?
1. Sangat sedikit dijumpai malware pada Linux Karena di Linux di kenal dengan sistem permisi, jika status kita hanya sebagai user maka tidak bisa melakukan apa – apa pada file administrator . Hal ini tidak berlaku di windows, seorang user saja bisa menambah dan mengurangi program. Jadi Linux sangat aman terhadap serangan virus.
2. Bila Anda ingin menginstal sebuah program baru pada Windows, Anda tinggal buka Google dan mencari programnya. Bila Anda ingin menginstal program di Linux, Anda membuka paket manajer dan men-download dari repositori perangkat lunak distribusi Linux Anda . Repositori ini berisi perangkat lunak yang terpercaya yang telah diperiksa oleh distribusi Linux Anda - pengguna tidak tidak bisa men-download dan menjalankan perangkat lunak sewenang-wenang.

E. Hasil yang di Dapatkan
Dapat mengetahui perbedaan OS Windows dan Linux.
F. Kesimpulan

Linux hampir sama seperti Windows dan sangat mudah untuk dikendalikan. Meskipun dikatakan hampir sama, tetapi ada perbedaan di antara OS tersebut.

G. Penutupan
  Semoga apa yang saya sharekan bisa bermanfaat, jangan lupa ikuti blog saya dan komen di bawah apabila masih belum paham atau belum mengerti. Sekian dari saya.
                                          Wasalamuallaikum wr, wb
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads