Proxmox X FreeNAS | Konfigurasi NFS Share pada Proxmox

A. Pendahuluan
                                          Asalamuallaikum wr, wb
 Kali ini saya akan mengshare pada kalian tutorial Konfigurasi NFS Share pada Proxmox.
B. Latarbelakang
Memanfaatkan NFS di Server.
C. Maksud dan Tujuan
Agar Dapat meng-Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage.
D. Pembahasan
 Setelah selesai membuat share storage menggunakan teknologi NFS untuk pengintegrasian di Proxmox tidaklah terlalu sulit, dapat menggunakan langkah antara lain :

a) Setelah login, masuk ke Datacenter kemudian pilih pada tab Storage. Secara default hanya ada storage dengan nama local, jadi setelah dibuat NFS pada FreeNAS untuk mengintegrasikan ke Proxmox gunakan tab Add kemudian pilih NFS share

b) Isikan form sesuai dengan petunjuk. ID untuk penamaan storage, server diisi dengan IP address dari server storage dalam hal ini adalah FreeNAS, isikan export dengan path dimana lokasi storage NFS yang terletak pada FreeNAS berada, content diisi dengan dialokasikan untuk konten apa saja storage NFS tersebut dibuat (Images, ISO, Template, Backup, Container), Max Backups berarti storage tersebut hanya bisa digunakan untuk satu penyimpanan backup saja. Bila sudah terisikan semua klik Add
Apabila penambahan NFS storage berhasil maka didalam nodes Proxmox akan muncul storage baru yang berasal dari server storage.
 
E. Hasil yang di Dapatkan
Dapat meng-Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage.
F. Kesimpulan
Network File System (NFS) adalah salah satu layanan yang dapat memungkinkan suatu computer untuk melakukan proses mount suatu directory datai device pada komputer lain.
G. Penutupan
  Semoga apa yang saya sharekan bisa bermanfaat, jangan lupa ikuti blog saya dan komen di bawah apabila masih belum paham atau belum mengerti. Sekian dari saya.
                                          Wasalamuallaikum wr, wb

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads