Proxmox X FreeNAS | Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage

A. Pendahuluan
                                          Asalamuallaikum wr, wb
 Kali ini saya akan mengshare pada kalian tutorial caraKonfigurasi FreeNAS NFS Share Storage.
B. Latarbelakang
Memanfaatkan NFS di Server.
C. Maksud dan Tujuan
Agar Dapat meng-Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage.
D. Pembahasan

 Network File System (NFS) adalah salah satu layanan yang dapat memungkinkan suatu computer untuk melakukan proses mount suatu directory datai device pada komputer lain. Dengan menggunakan NFS, suatu komputer dapat berbagi file, data dan bahkan program antara sesama klien yang terhubung ke server utama.

Saat ini terdapat 2 versi NFS yaitu NFS versi 2 (NFSv2) dan NFS versi 3 (NFSv3). NFSv2 lebih lama tetapi didukung oleh berbagai macam mesin dan sistem operasi. Sedangkan NFSv3 lebih baru dan mempunyai beberapa fitur dan tambahan misal pesan kesalahan yang lebih baik, kemampuan untuk menghandle file yang ukurannya bervariasi. Konfigurasi FreeNAS NFS share storage relatif mudah karena hanya memerlukan beberapa langkah saja, yaitu: 

a) Buka web browser pada client dan buka alamat IP FreeNAS contoh kali ini yaitu 10.111.11.254

b) Klik menu Storage kemudian klik Volume Manager untuk menambahkan volume share storage.

c) Isikan form Volume Manager sesuai petunjuk yang perlu diperhatikan adalah memilih disk dan memilih jenis file system.

d) Ubah terlebih dahulu permissions volume dengan cara klik change permissions kemudian checklist semua pada bagian write

e) Untuk mengaktifkan layanan share storage pada volume yang baru saja dibuat agar bisa terintegrasikan ke Proxmox masuk ke menu Sharing kemudian ke tab UNIX (NFS).

f) Tambahkan settingan share storage dengan klik Add UNIX (NFS) Share, isikan form sesuai dengan petunjuk. Setelah selesai klik OK.


Comment, isikan pada kolom comment untuk sekedar keterangan.

Langkah akhir adalah mengaktifkan layanan aplikasi NFS karena secara default layanan tersebut masih OFF. Aktifkan dengan cara masuk ke menu service kemudian pada service NFS geser ke ON.


E. Hasil yang di Dapatkan
Dapat meng-Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage.
F. Kesimpulan
 Network File System (NFS) adalah salah satu layanan yang dapat memungkinkan suatu computer untuk melakukan proses mount suatu directory datai device pada komputer lain.
G. Penutupan
  Semoga apa yang saya sharekan bisa bermanfaat, jangan lupa ikuti blog saya dan komen di bawah apabila masih belum paham atau belum mengerti. Sekian dari saya.
                                          Wasalamuallaikum wr, wb

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads