Konfigurasi RB Mikrotik disetiap Ruangan

Assalamualaikum wr.wb

     saya disini akan memberi tahu bagaimana cara memberikan akses internet ke setiap router yang akan digunakan untuk akses internet disetiap ruangan.

Pengertian
    Internet adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung menggunakan TCP/IP yang digunakan untuk pertukaran paket data diseluruh dunia.

Tujuan
    Ingin membuat agar sebuah ruangan memiliki akses internet sendiri-sendiri.

latar belakang
    Ingin mempermudah akses internet disetiap ruangnya.

Konfigurasi



     karena saya tidak menggunakan kaber untuk akses internetnya kali ini saya akan memnembak hotspot untuk  akses internetnya sudah saya tembak hotspotnya kalau mau cari tahu cara nembak hotspot ada caranya di blog ini. kita  langsung buat DHCP client agar router yang kita gunakan mendapatkan internet dari wlan1


     kita pilih tanda +(plus) kemudian kita pilih interfacenya wlan1 karena yang memiliki  akses internet


      kemudian pilih apply lalu ok seperti itu kalau statusnya sudah bound berarti router kita sudah konek dengan internet. tetapi tidak sampai itu masih ada lagi


     kita masuk  pada menu DNS ke ip---dns kemudian kita ceklist (allow remote acces) kemudian aplly ok


     Setelah itu kita setting NAT terlebih dahulu masuk ke ip--->firewall kemudian masuk ke kolom NAT kemudian pilih out interfacenya yaitu wlan1 atau yang memiliki akses internet


     jangan di apply dulu masuk  ke kolom actian kita pilih actionnya menjadi masquerede kemudian apply ok



     setelah setting agar router  kita mendapatkan akses internet kemudian saya disini akan memberikan akses internet ke interface yang saya gunakan di  laptop saya untuk konfigurasi masuk ke ip---.adress kemudian pilih tanda +(plus) kemudian isikan ip address beserta subnetnya dan pilih interface yang kalian gunakan  saya disini menggunakan ether3 kemudian aplly ok


     setelah memberikan ip address kemudian kita masuk ke DHCP server dan pilih DHCP setup kemudian next terus sampai succes kemudian kita ubah ip wired kita menjadi automacly kemudian kita cek apakah laptop kita sudah terhubung ke internet atau belum jika belum coba ulangi langkah-langkah sebelumnya

sekian dari saya wassalamualaikum wr.wb

referensi
 https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

ads